MAKALAH
خبر مبتدأ
Dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Nahwu
2
![]() |
Dosen Pengampuh
Abdur Rohman, MA
Oleh:
Chozainul Muna (A01214006)
PRODI BAHASA DAN
SASTRA ARAB
FAKULTAS ADAB DAN
HUMANIORA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
TAH UN 2014-2015
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Khobar dan Pembagiannya
والخبر هو الجزء الذي تتم به الفائدة
مع مبتداء وهو قسمان مفرد وغير مفرد
Khobar adalah bagian yang melengkapi faedah (kalam) beserta mubtada (menyempurnakan
mubtada). Khobar ada dua macam, yaitu khobar yang berbentuk mufrod
dan khobar yang berbentuk ghoiru mufrod.
1.
Khobar Mufrod
Yang dimaksud khobar
mufrod adalah khobar yang bukan berupa kalimah jumlah dan bukan pula
yang serupa dengan jumlah. Contohnya adalah seperti berikut.
زيد قائم :
Zaid berdiri
الزّيدان قائمان : kedua
Zaid itu berdiri
الزّيدون قائمون : Zaid-Zaid
itu semuanya berdiri
2.
Khobar Ghoiru Mufrod
a.
Jumlah Ismiyyah
Khobar ghoiru
mufrod adakalanya berbentuk jumlah
ismiyyah. Jumlah ismiyah merupakan gabungan dari mubtada
kedua, berikut khabar yang menjadi khabar dari mubtada
pertama. Contoh:
زيد
جاريته ذاهبة
Artinya : Zaid
hamba perempuannya pergi.
Lafazh زيد
berkedudukan sebagai mubtada pertama. Dan lafazh جاريته
berkedudukan sebagai mubtada
kedua , sedangkan lafazh ذاهبة merupakan khobar bagi mubtada
kedua. Mubtada yang kedua dan khobarnya adalah jumlah ismiyah
berada dalam mahal rofa', menjadi khobar mubtada pertama. Sedangkan yang
menghubungkan antara mubtada pertama dan khobar adalah huruf ha pada جاريته
. Contoh lain :
ولباس
التقوى ذلك خير
yang artinya : "Dan pakaian takwa itulah yang
paling baik". (Al-A'raf:26).
Lafadz لباس
berkedudukan sebagai mubtada pertama, dan lafadz التقوى menjadi mudhof ilaih; lafadz ذلك
berkedudukan sebagai mubtada kedua, dan خير merupakan
khobar dari mubtada kedua, dan gabungan jumlah ismiyyah itu
khobar dari mubtada pertama. Dan penghubungnya adalah isim isyarah.
b.
Jumlah Fi'liyah
Adakalanya khabar ghairu mufrad itu berbentuk jumlah
fi'liyah, khabar yang terdiri dari fi'il dan fa'il. Contoh :
زيد قام أبوه : zaid, ayahnya berdiri. Lafadz زيد
berkedudukan sebagai mubtada, dan lafadz قام أبوه merupakan jumlah fi'liyyah yang
menjadi khabar dari mubtada, sedangkan rabith(yang
menghubungkan ) antara kedua lafadz tersebut adalah huruf ha dari lafadz
أبوه
.
3.
Khabar Syibhul Jumlah (serupa dengan jumlah)
Khabar syibhul jumlah itu memakai zharaf atau jer majrur.
Contoh khabar yang memakai zharaf :
زيد عندك : Zaid berada di sisimu.
Lafadz زيد berkedudukan sebagai mubtada, dan lafadz عندك merupakan zharaf makaan yang berkedudukan
menjadi khabar dari mubtada.
السفر غدا : Berpegian itu besok.
lafadz السفر berkedudukan sebagai mubtada,
dan lafadz غدا merupakan zharaf zaman yang menjadi khabar dari mubtada.
Sedangakan khabar syibhul jumlah yang memakai jar-majrur
contohnya :
زيد في الدار : Zaid berada didalam rumah
Lafadz زيد berkedudukan sebagai mubtada, dan lafadz في الدار merupakan
jar-majrur yang menjadi khabar.
Kedua macam khabar
yang memakai zharaf dan jar-majrur tersebut dinamakan syibhul
jumlah, sebab yang menjadi khabar sebenarnya bukan zharaf atau
jar-majrurnya, melainkan lafadz yang didalamnya mengandung makna yang
terkait dengan konteks. Zharaf dan jar majrur itu bertaaluq (berkaitan).
Bila keduanya menjadi khabar dengan lafadz yang wajib dibuang. Taqdirnya
adalah lafadz كائن atau
مستقر. Bila beranggapan yang
dibuang lafadz كائن maka termasuk khabar mufrod. Dan bila
menganggap lafadz مستقر maka termasuk khabar jumlah., sebab
tidak ada kepastian apakah khabar itu dari isim fa'il atau fi'il madhi.
Ketentuan lain dari khabar :
Zharaf zaman tidak boleh
dijadikan khabar bagi bagi manusia. Seperti contoh :
زيد اليوم : Zaid pada hari ini.
melainkan boleh dijadikan khabar dari makna, contoh :
السفر غدا : Berpegian itu besok.
Contoh lain :
الهلال
الليلة : mala ini ada hilal.
B.
Hukum Membolehkan dan Membuang Mubtada' dan Khobar
Terkadang secara jawaz (boleh) khobar mendahului
mubtada'. Contoh :
في الدار زيد : didalam rumah ada Zaid.
karena lafadz زيد berkedudukan
sebagi mubtada yang diakhirkan dan في الدار
merupakan khabar yang didahulukan. Untuk tujuan takhsish(menegaskan).
Dan diwajibkan
mendahulukan khabar atas mubtada. Dengan alasan untuk tujuan istifham (kata
Tanya), dan itu harus diletakkan diawal pembicaraan. Contoh :
أين زيد : dimanakah Zaid? زيد menjadi mubtada' yang diakhirkan letaknya.
Dan أينmerupakan khobar yang
didahulukan secara wajib dan tidak boleh diakhirkan.
Dan untuk contoh : إنما عندك زيد yang artinya sesungguhnya disisimu hanya
ada Zaid. Khabar pada contoh ini didahulukan secara wajib dengan
maksud di-mahshur. Yang berarti disampingmu itu hanya ada Zaid, tidak
ada orang lain.
Terkadang dibuang
semua mubtada dan khabar(kedua-duanya) secara Jawaz seperti contoh :
سلام قوم منكرون (Adz-Dzaariyaat
:25) yang bentuk lengkapnya adalah :
منكرون قوم
أنتم عليكم
سلام :
kesejahteraan dilimpahkan atas kalian. Kalian adalah orang-orang yang tidak
dikenal. Lafadz yang dibuang adalah
أنتم
عليكم. Lafadz عليكمmenjadi khabar lafadz سلام. dan lafadz أنتم
menjadi mubtada yang khabarnya lafadz قوم .
·
khabar
wajib dibuang dalam 4 keadaan :
1.
Setelah
lafadz لولا contoh yang terdapat dalam
firman Allah :
لولا آنتم لكنا مؤمنين : "kalaulah
tidak karena kalian, tentulah kami menjadi orang-orang yang beriman"
(Saba' : 31). Yang bentuk lengkapnya adalah لولا آنتم موجدون لكنا مؤمنين lafadz yang dibuang adalah موجدون .
2.
Sesudah
qasam(sumpah ) yang sharih ( jelas), contoh :
لعمرك إنّهم :
demi umurmu, sesungguhnya mereka adalah…
Yang bentuk lengkapnya adalah :
لعمرك قسمي : demi umurmu sebagai sumpahku.
3.
Sesudah
wawu ma'iyyah , contoh : صنع
وما صانع
كلّ : setiap yang berprofesi dengan profesinya, yang
bentuk lengkapnya :
مقرونانصنع
وما صانع
كلّ : setiap yang berprofesi dengan profesinya
selalu bebarengan.
4.
Sebelum
haal contoh : قائما زيدا ضربي
asal mula
قائما إذا كان زيدا
ضربي
PENUTUP
Dari
pembahasan di atas kita dapat mengetahui sedikit mengenai khobar beserta
pembagian dan hukum-hukumnya. Khobar berfungsi untuk menyempurnakan mubtada,
khabar dibagi menjadi dua kelompok yakni, khobar mufrod, khobar ghoiru mufrod,
dan khobar syibhul jumlah. Terdapat hukum- hukum yang membolehkan serta membuang
mubtada khabar sesuai dengan ketentuan-ketentuan tertentu.
DAFTAR PUSTAKA
Syamsuddin, Syekh. 1998. Ilmu Nahwu Terjemah Mutammimah Ajurumiyyah. Sinar baru algesindo: Bandung.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar