Jumat, 22 Januari 2016

Khobar Mubtada


MAKALAH
خبر مبتدأ
Dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Nahwu 2


Dosen Pengampuh
Abdur Rohman, MA
Oleh:
Chozainul Muna (A01214006)
Rachma Vita ( A71214078)

PRODI BAHASA DAN SASTRA ARAB
FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA
UNIVERSITAS  ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
TAH UN 2014-2015

PEMBAHASAN
A.    Pengertian Khobar dan Pembagiannya

والخبر هو الجزء الذي تتم به الفائدة مع مبتداء وهو قسمان مفرد وغير مفرد
Khobar adalah bagian yang melengkapi faedah (kalam) beserta mubtada (menyempurnakan mubtada). Khobar ada dua macam, yaitu khobar yang berbentuk mufrod dan khobar yang berbentuk ghoiru mufrod.
1.      Khobar Mufrod
Yang dimaksud khobar mufrod adalah khobar yang bukan berupa kalimah jumlah dan bukan pula yang serupa dengan jumlah. Contohnya adalah seperti berikut.
زيد قائم             : Zaid berdiri
الزّيدان قائمان     : kedua Zaid itu berdiri
الزّيدون قائمون   : Zaid-Zaid itu semuanya berdiri
2.      Khobar Ghoiru Mufrod
a.      Jumlah Ismiyyah
Khobar ghoiru mufrod adakalanya berbentuk jumlah ismiyyah. Jumlah ismiyah merupakan gabungan dari mubtada kedua, berikut khabar yang menjadi khabar dari mubtada pertama. Contoh:
زيد جاريته ذاهبة
Artinya : Zaid hamba perempuannya pergi.
Lafazh زيد berkedudukan sebagai mubtada pertama. Dan lafazh جاريته  berkedudukan sebagai mubtada kedua , sedangkan lafazh ذاهبة merupakan khobar bagi mubtada kedua. Mubtada yang kedua dan khobarnya adalah jumlah ismiyah berada dalam mahal rofa', menjadi khobar mubtada pertama. Sedangkan yang menghubungkan antara mubtada pertama dan khobar adalah huruf  ha pada  جاريته . Contoh lain :
ولباس التقوى ذلك خير 
yang  artinya : "Dan pakaian takwa itulah yang paling baik". (Al-A'raf:26).
Lafadz لباس berkedudukan sebagai mubtada pertama, dan lafadz التقوى menjadi mudhof ilaih; lafadz ذلك berkedudukan sebagai mubtada kedua, dan خير  merupakan khobar dari mubtada kedua, dan gabungan jumlah ismiyyah itu khobar dari mubtada pertama. Dan penghubungnya adalah isim isyarah.


b.      Jumlah Fi'liyah
Adakalanya khabar ghairu mufrad itu berbentuk jumlah fi'liyah, khabar yang terdiri dari fi'il dan fa'il. Contoh :
زيد قام أبوه :  zaid, ayahnya berdiri. Lafadz زيد berkedudukan sebagai mubtada, dan lafadz قام أبوه merupakan jumlah fi'liyyah yang menjadi khabar dari mubtada, sedangkan rabith(yang menghubungkan ) antara kedua lafadz tersebut adalah huruf ha dari lafadz أبوه .
3.      Khabar Syibhul Jumlah (serupa dengan jumlah)
Khabar syibhul jumlah itu memakai zharaf atau jer majrur. Contoh khabar yang memakai zharaf :
زيد عندك            :  Zaid berada di sisimu.
Lafadz زيد berkedudukan sebagai mubtada, dan lafadz عندك merupakan zharaf makaan yang berkedudukan menjadi khabar dari mubtada.
السفر غدا           : Berpegian itu besok.
lafadz السفر berkedudukan sebagai mubtada, dan lafadz غدا merupakan zharaf zaman yang menjadi khabar dari mubtada.
Sedangakan khabar syibhul jumlah yang memakai jar-majrur contohnya :
زيد في الدار       : Zaid berada didalam rumah
Lafadz زيد berkedudukan sebagai mubtada, dan lafadz  في الدار merupakan jar-majrur yang menjadi khabar.
           Kedua macam khabar yang memakai zharaf dan jar-majrur tersebut dinamakan syibhul jumlah, sebab yang menjadi khabar sebenarnya bukan zharaf atau jar-majrurnya, melainkan lafadz yang didalamnya mengandung makna yang terkait dengan konteks. Zharaf dan jar majrur itu bertaaluq (berkaitan). Bila keduanya menjadi khabar dengan lafadz yang wajib dibuang. Taqdirnya adalah lafadz كائن atau  مستقر.  Bila beranggapan yang dibuang lafadz كائن maka termasuk khabar mufrod. Dan bila menganggap lafadz مستقر  maka termasuk khabar jumlah., sebab tidak ada kepastian apakah khabar itu dari isim fa'il atau fi'il madhi.

Ketentuan lain dari khabar :
 Zharaf zaman tidak boleh dijadikan khabar bagi bagi manusia. Seperti contoh :
 زيد اليوم           : Zaid pada hari ini.
melainkan boleh dijadikan khabar dari makna, contoh :
السفر غدا           : Berpegian itu besok.
Contoh lain :
 الهلال الليلة        : mala ini ada hilal.
B.     Hukum Membolehkan dan Membuang Mubtada' dan Khobar
Terkadang secara jawaz (boleh) khobar mendahului mubtada'. Contoh :
في الدار زيد       : didalam rumah ada Zaid.
karena lafadz زيد berkedudukan sebagi mubtada yang diakhirkan dan في الدار  merupakan khabar yang didahulukan. Untuk tujuan takhsish(menegaskan).
Dan diwajibkan mendahulukan khabar atas mubtada. Dengan alasan untuk tujuan istifham (kata Tanya), dan itu harus diletakkan diawal pembicaraan. Contoh :
أين زيد              :  dimanakah Zaid?  زيد menjadi mubtada' yang diakhirkan letaknya. Dan   أينmerupakan khobar yang didahulukan secara wajib dan tidak boleh diakhirkan.
           Dan untuk contoh : إنما عندك زيد   yang artinya sesungguhnya disisimu hanya ada Zaid. Khabar pada contoh ini didahulukan secara wajib dengan maksud di-mahshur. Yang berarti disampingmu itu hanya ada Zaid, tidak ada orang lain.
           Terkadang dibuang semua mubtada dan khabar(kedua-duanya) secara Jawaz seperti contoh :
سلام قوم منكرون (Adz-Dzaariyaat :25) yang bentuk lengkapnya adalah :
  منكرون قوم أنتم عليكم سلام  : kesejahteraan dilimpahkan atas kalian. Kalian adalah orang-orang yang tidak dikenal. Lafadz yang dibuang adalah
 أنتم عليكم. Lafadz عليكمmenjadi khabar lafadz سلام. dan lafadz أنتم menjadi mubtada yang khabarnya lafadz قوم .
·         khabar wajib dibuang dalam 4 keadaan :   
1.      Setelah lafadz  لولا  contoh yang terdapat dalam firman Allah :
لولا آنتم لكنا مؤمنين : "kalaulah tidak karena kalian, tentulah kami menjadi orang-orang yang beriman" (Saba' : 31). Yang bentuk lengkapnya adalah   لولا آنتم موجدون لكنا مؤمنين lafadz yang dibuang adalah موجدون .
2.      Sesudah qasam(sumpah ) yang sharih ( jelas), contoh :
لعمرك إنّهم          : demi umurmu, sesungguhnya mereka adalah…
Yang bentuk lengkapnya adalah :
لعمرك قسمي       :  demi umurmu sebagai sumpahku.
3.      Sesudah wawu ma'iyyah , contoh :   صنع وما صانع كلّ :  setiap yang berprofesi dengan profesinya, yang bentuk lengkapnya :
 مقرونانصنع وما صانع كلّ :  setiap yang berprofesi dengan profesinya selalu bebarengan.
4.      Sebelum haal  contoh : قائما زيدا ضربي asal mula
  قائما   إذا كان  زيدا ضربي

PENUTUP

            Dari pembahasan di atas kita dapat mengetahui sedikit mengenai khobar beserta pembagian dan hukum-hukumnya. Khobar berfungsi untuk menyempurnakan mubtada, khabar dibagi menjadi dua kelompok yakni, khobar mufrod, khobar ghoiru mufrod, dan khobar syibhul jumlah. Terdapat hukum- hukum yang membolehkan serta membuang mubtada khabar sesuai dengan ketentuan-ketentuan tertentu.
DAFTAR PUSTAKA
Syamsuddin, Syekh. 1998. Ilmu Nahwu Terjemah Mutammimah Ajurumiyyah. Sinar baru algesindo: Bandung.





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar